SYARIAT ORANG SEBELUM KITA

October 22, 2017 at 4:01 pm | Posted in Ushul Fiqih | Leave a comment

SYARIAT ORANG SEBELUM KITA

 

Para ulama berbeda pendapat didalam menyikapi amalan umat sebelum kita, setelah Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa Salaam diutus sebagai Nabi dan Rasul, apakah kita beribadah dengannya juga?.

 

Sebagian ulama berpendapat bahwa syariat orang-orang sebelumnya bukanlah menjadi ibadah bagi kita, bahkan terlarang untuk mengerjakannya. Imam az-Zarkasy (w. 794 H) dalam kitabnya “al-Bahr al-Muhiith” (8/42, cet. Daarul Kutubiy) menyebutkan ini adalah pendapat sejumlah ulama Syafi’i, Hanafiyyah dan ahli Kalam. Pendapat ini adalah pendapat terakhir Imam Abu Ishaq asy-Syairozi dalam kitabnya “al-Luma’” (hal. 63, cet. DKI), dimana beliau berkata :

والذي نصرت في التبصرة أن الجميع شرع لنا إلا ما ثبت نسخه والذي يصح الآن عندي أن شيئا من ذلك ليس بشرع لنا، والدليل عليه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لم يرجع في شيء من الأحكام ولا أحد من الصحابة إلى شيء من كتبهم ولا إلى خبر من أسلم منهم، ولو كان ذلك شرعا لنا لبحثوا عنه ورجعوا إليه ولما لم يفعلوا ذلك دل ذلك على ما قلناه.

“yang dulu aku sebarkan dalam kitab “at-Tabshiroh” bahwa semua itu (yaitu syariat para Nabi sebelumnya, pent.) adalah syariat bagi kita, kecuali apa yang telah tetap pen-nasikh-annya (penghapusannya dalam syariat kita, pent.).

Namun yang benar sekarang menurutku bahwa hal tersebut bukan syariat bagi kita, dengan dalil bahwa Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa Salaam tidak merujuk sedikitpun kepada syariat sebelumya dalam menentukan hukum, tidak juga salah seorang sahabatpun untuk merujuk kepada kitab-kitab mereka dan tidak juga berita dari orang-orang (yang sebelumnya ahli kitab) lalu masuk islam.

Seandainya hal tersebut adalah syariat bagi kita, tentu mereka akan membahasnya dan me-refer kepadanya, so tatkala mereka tidak melakukannya, hal ini menunjukkan benarnya pendapat kami” –selesai-.

 

Kemudian Imam az-Zarkasyi menyebutkan pendapat yang kedua, bahwa syariat umat sebelum kita adalah syariat bagi kita, kecuali yang telah di-mansukh (dihapus) hukumnya oleh syariat kita. Ini adalah qoul qodimnya Imam asy-Syairoziy sebagaimana diisyaratkan diatas, yang mana dalam kitabnya “at-Tabshiroh” (hal. 285, cet. Daarul Fikr), beliau berkata :

شرع من قبلنَا شرع لنا إِلَّا مَا ثَبت نسخه

“syariat sebelum kita adalah syariat bagi kita, kecuali yang telah shahih pe-nasikh-annya (dalam syariat kita, pent.)”.

 

Imam Nawawi mencoba melemparkan wacana yang menarik dalam kitabnya “al-Majmu” (9/27, cet. Daarul Fikr) terkait penerapan ushul fiqih diatas, tatkala beliau mengatakan :

إذَا وَجَدْنَا حَيَوَانًا لَا مَعْرِفَةَ لِحُكْمِهِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى وَلَا سُنَّةِ رَسُولِهِ وَلَا اسْتِطَابَةٍ وَلَا اسْتِخْبَاثٍ وَلَا غَيْرِ ذَلِكَ مِنْ الْأُصُولِ الْمُعْتَمَدَةِ وَثَبَتَ تَحْرِيمُهُ فِي شَرْعِ مَنْ قَبْلَنَا فَهَلْ يُسْتَصْحَبُ تَحْرِيمُهُ فِيهِ قَوْلَانِ (الْأَصَحُّ) لَا يُسْتَصْحَبُ وَهُوَ مُقْتَضَى كَلَامِ جُمْهُورِ الْأَصْحَابِ وَهُوَ مُقْتَضَى الْمُخْتَارِ عِنْدَ أَصْحَابِنَا فِي أُصُولِ الْفِقْهِ

“jika kita dapati hewan yang tidak diketahui hukumnya dalam Kitabullah, tidak juga didalam sunah Rasulullah dan hewannya tidak baik dan tidak juga menjijikan, serta tidak disebutkan juga dalam pokok hukum yang dijadikan pegangan, namun telah tsabit pengharamannya didalam syariat umat sebelum kita, apakah dapat diterapkan pengharamannya?,

Ada dua pendapat dalam masalah ini, yang paling shahih adalah tidak diakui pengharamannya, ini adalah konsekuensi dari pendapat mayoritas ulama dan juga konsekuensi dari pendapat terpilih dalam madzhab kami dalam ushul fiqih” –selesai-.

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: