Definisi Ilmu dan Kebodohan

November 22, 2017 at 1:39 pm | Posted in Ushul Fiqih | Leave a comment

TA’LIQ ‘ALAA MATAN AL-WARAQAAT

Definisi Ilmu dan Kebodohan

 

Imamul Haramain berkata :

وَالْفِقْه أخص من الْعلم وَالْعلم معرفَة الْمَعْلُوم على مَا هُوَ بِهِ وَالْجهل تصور الشَّيْء على خلاف مَا هُوَ بِهِ

“dan Fiqih lebih khusus dibandingkan ilmu. Ilmu adalah mengetahui sesuatu yang sudah maklum sesuai dengan kenyataannya, sedangkan bodoh adalah menggambarkan sesuatu yang berbeda dengan kenyataannya”.

***

Ta’liq :

Dalam naskah kitab yang saya jadikan rujukan, berhanti pada “alaa maa huwa bihi”, namun dalam naskah lain, seperti dalam naskah yang disyarah oleh Al-‘Alamah Jalaluddin al-Mahalli dan asy-Syaikh Abdullah al Fauzan, lafadznya adalah :

وَالْفِقْه أخص من الْعلم وَالْعلم معرفَة الْمَعْلُوم على مَا هُوَ بِهِ في الواقع وَالْجهل تصور الشَّيْء على خلاف مَا هُوَ بِهِ في الواقع

Ada tambahan “fiil Waaqi’”.

 

Yang dimaksud dengan pernyataan Imamul Haromain bahwa “Fiqih lebih khusus dibandingkan Ilmu” adalah fiqih disini dalam pengertian istilah bukan dalam makna kebahasaannya, karena secara istilah fiqih adalah mengetahui hukum-hukum syariah, sedangkan ilmu lebih umum dari itu, karena mencakup didalamnya juga ilmu tafsir, ilmu hadits, nahwu, balaghoh dan selainnya[1]. Juga karena ilmu mencakup juga ilmu tentang hukum syariat (fiqih), ilmu tentang hukum adab, ilmu tentang hukum akal dan seterusnya[2].

 

Kemudian definisi mualif bahwa ilmu adalah “mengetahui sesuatu yang sudah maklum sesuai dengan kenyataannya”. Maka dari definisi ini bisa kita kembangkan menjadi pembahasan berikut :

  1. Mengetahui yang sudah maklum, maka ini mengeluarkan dari “tidak mengetahui sama sekali” atau yang disebut dengan jahil basith (ringan), misalnya kita bertanya kepada seseorang : “sebutkan definisi manduub?”, namun ia menjawab : “aku tidak tahu”, maka orang tersebut adalah jahil basith.
  2. Atas hakekatnya, maka ini mengeluarkan dari “mengetahui sesuatu yang berbeda dengan hakekat kenyataannya” dan ini yang disebut dengan jahil murokab (kuadrat).

 

Kemudian mualif dalam mendefinisikan kebodohan dengan “tashowwur” (penggambaran), yakni khayalan yang dibayangkan olehnya terkait permasalahan hukum, sedangkan ilmu dengan “ma’rifat” (mengenali), karena kebodohan itu bukanlah pengetahuan, tapi hanya bayangan yang meraba-raba dalam benaknya.

 

Asy-Syaikh Abdullah al-Fauzan menginformasikan bahwa pada sebagian naskah al-Waraqaat lafadznya terkait definisi al-Jahl adalah :

تصور الشَّيْء على خلاف مَا هُوَ عليه في الواقع

Maka lafadz ini lebih jelas dalam pendefinisiannya[3].

 

Al-‘Alamah ibnu Utsaimin (w. 1421 H) dalam kitabnya “al-Ilmu” mengatakan :

وقال آخرون من أهل العلم: إن العلم أوضح من أن يعرف. والذي يعنينا هو العلم الشرعي، والمراد به: علم ما أنزل الله على رسوله من البينات والهدى، فالعلم الذي فيه الثناء والمدح هو علم الوحي، علم ما أنزل الله فقط.

“sebagian ulama mengatakan bahwa ilmu adalah terlalu jelas untuk didefinisikan dan yang kami maksud ilmu disini adalah ilmu Syar’i yaitu ilmu yang berasal dari apa yang diturunkan oleh Allah kepada Rasul-Nya berupa penjelasan-penjelasan dan petunjuk. Ilmu yang terdapat padanya sanjungan dan pujian adalah ilmu wahyu, yaitu ilmu apa yang diturunkan oleh Allah saja”[4].

 

#alwaraqaat_ilmudanjahil

========

Catatan Kaki :

[1] Syarah al-Waraqaat, Abdullah al-Fauzan

[2] Syarah al-Waraqaat, asy-Syaikh ad-Duudu asy-Syinqithi

[3] Syarah al-Waraqaat, Abdullah al-Fauzan, hal. 35-36.

[4] Kitaabul Ilmi, hal.9 , cet. Maktabah Nuurul Huda

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: