Definisi Ushul Fiqih

December 12, 2017 at 2:54 pm | Posted in Ushul Fiqih | Leave a comment

TA’LIQ ‘ALAA MATAN AL-WARAQAAT

Definisi Ushul Fiqih

 

Imamul Haramain berkata :

وَعلم أصُول الْفِقْه طرقه على سَبِيل الْإِجْمَال وَكَيْفِيَّة الِاسْتِدْلَال بهَا

“Ilmu Ushul Fiqih adalah yang dalil-dalilnya melalui jalan secara global dan bagaimana cara mengambil dalil dengannya”.

***

Ta’liq :

Di awal kitab, Imamul Haromain telah menyinggung tentang apa itu ushul? Dan apa itu Fiqih?, kemudian disini beliau mendefinisikan Ushul Fiqih jika kedua kata tersebut digabung sebagaimana tertera diatas.

 

Yang dimaksud “Thuruquhu” adalah dalil-dalil fiqih.

Perkataan beliau, “alaa sabiilil Ijmaal”, yaitu dalil fiqih secara global, karena dalil fiqih secara terperinci adalah masuk kedalam definisi fiqih, sebagaimana di awal-awal pembahasan kita. Yang dimaksud dengan dalil global adalah seperti “al-Amr lil wujuub” (perintah itu menunjukkan hukumnya wajib), “an-Nahyu lit Tahriim” (larangan itu menunjukkan hukum haram)[1] dan yang semisalnya, dimana dalil-dalil global ini dapat menjadi panduan untuk menyimpulkan suatu hukum fiqih.

 

Kemudian yang dimaksud dengan “kaifiyyah al-Istidlaal bihaa” (bagaimana cara mengambil petunjuk dengan dalil-dalil global tersebut”, adalah bagaimana cara menyimpulkan hukum fiqih berdasarkan dalil-dalil yang global tersebut, untuk diterapkan dalam masalah-masalah cabang dalam fiqih dan juga bagaimana metode menyikapi perbedaan yang terjadi, yang dikenal dengan istilah “ta’aarudh al-Adilah” (seolah-olah dalil-dalil yang ada saling bertentangan), seperti mendahulukan yang muqoyyad dibandingkan yang mutlak, mendahulukan naasihk dari mansuukhnya dan semisalnya. Kemudian yang tercakup dalam pernyataan beliau ini adalah bagaimana kondisi orang yang mengambil kesimpulan hukum tersebut yaitu mujathid, apa saja syarat-syarat mujtahid, kompetensi apa yang dibutuhkan olehnya dan seterusnya. Semua tema-tema ini merupakan bagian dari ushul fiqih.

 

Jadi dari definisi yang beliau berikan ada 3 tema besar dalam ilmu ushul fiqih yang hendak dikaji yaitu :

  1. Dalil-dalil global yang bisa dijadikan sebagai guidance dalam menerapkan masalah-masalah turunannya dalam fiqih;
  2. Bagaimana cara meramu dalil-dalil tersebut, sehingga dapat menetapkan keputusan hukum fiqih yang tepat;
  3. Kompetensi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang hendak mengambil kesimpulan hukum alias mujtahid.

 

Dalil-dalil global diatas disebut juga dengan kaedah ushul fiqih yang digunakan oleh Mujtahid sebagai alat dalam mengeluarkan suatu hukum fiqih. Kemudian harap dibedakan antara kaedah ushul fiqih dengan kaedah fiqih. Adapun yang dimaksud dengan kaedah fiqih adalah “kalimat yang mencakup dibawahnya permasalah-permasalahan fiqih yang banyak” atau dengan kata lain ini hampir mirip dengan formula / rumus atau persamaan dalam matematika atau pelajaran eksak lainnya, dimana dengan rumus tersebut kita dapat menerapkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam keumumannya. Missal dari kaedah fiqihyyah adalah “inamaal A’malu bin niyaat” (sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya), dengan menunggunakan rumus ini, kita dapat menerapkan hukum-hukum fiqih yang sangat banyak dibawahnya, kata Imam Syafi’I –rahimahullah- dalam salah satu nukilan dari beliau, bahwa kaedah fiqihyyah yang merupakan sabda Nabi sholallahu ‘alaihi wa Salam diatas, bisa masuk kedalam 70 bab fiqih.

 

Para ulama disamping menyusun materi terkait ushul fiqih, mereka juga banyak menulis kitab yang berisi kaedah-kaedah fiqihyyah yang bisa kita jadikan panduan seraca praktis dalam menerapkan permasalahan-permasalahan fiqihyyah. Wa jazakumullah khoir kepada para ulama Islam atas khidmat mereka dalam membela agama Allah.

 

 

 

 

[1] Syarah al-Waraqaat, DR. Abdul Kariim al-Khudzhoir

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: