TAKHRIJ HADITS DZIKIR PAGI DAN PETANG “RODHITU BILLAHI ROBBAA” – BAGIAN AKHIR-

February 11, 2018 at 11:04 am | Posted in Hadits | Leave a comment

 

Melanjutkan takhrij haditsnya, maka dalam tulisan kali ini saya akan menambahkan takhrij hadits yang dilakukan oleh asy-Syaikh Thooriq bin ‘Aathif Hijaaziy Hafidzahullah dari jalan shohabi Jalil Abu Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu secara marfu’ dan Imam ‘Athoo bin Yasaar Rahimahullah secara mursal.

Adapun jalan Abu Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu secara marfu, beliau menemukannya dalam “Tarikh Baghdad” (9/301, dalam cetakan kitab saya dengan tahqiq dari DR. Basyaar ‘Awwad Ma’ruf), karya Imam al-Khothiib al-Baghdadiy (w. 463 H) melalui jalannya sampai kepada :

حَدَّثَنَا خُزَيْمَةُ بْنُ خَازِمٍ الْقَائِدُ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَالَ إِذَا أَصْبَحَ: رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا، وَبِالإِسْلامِ دِينًا، وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا، رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ “

“telah menceritakan kepada kami Khuzaimah bin Khoozim al-Qoo`id dari Ibnu Abi Dzi`b, dari al-Haarits bin Abdir Rokhman, dari Abi Salamah, dari Abi Huroiroh Rodhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa Salaam bersabda : “barangsiapa yang pada waktu pagi berkata, aku aku ridho Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa Salaam sebagai Nabi, maka Allah Subhanahu wa Ta’alaa akan meridhoinya”.

 

Asy-Syaikh Thooriq menilai hadits ini mungkar, karena hanya Khuzaimah bin Khoozim yang sendirian meriwayatkan dari Ibnu Abi Dzi`b, sedangkan murid-murid beliau yang banyak yang tsiqoh-tsiqoh tidak ada yang meriwayatkan hadits ini, ditambah juga tidak ada keterangan jarh maupun ta’dil untuk Khuzaimah alias beliau adalah seorang yang majhul.

 

Senada dengan asy-Syaikh Thooriq, DR. Basyaar ketika memberikan tahqiq terhadap hadits ini dalam kitab diatas, beliau pun memberikan penilaian dhoif, karena alasan kemajhulan Khuzaimah tersebut.

 

Adapun riwayat yang mursal, kata asy-Syaikh diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah dalam “al-Mushonaf” (no. 29283), dari cetakan yang saya miliki) melalui jalan :

حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْخَيْرِ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَالَ حِينُ يُمْسِي: رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا، وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا، وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا، فَقَدْ أَصَابَ حَقِيقَةَ الْإِيمَانِ “

“telah menceritakan kepada kami Yaziid bin Haruun, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Abdir Rokhman bin al-Khoir, dari Shofwaan bin Saliim, dari ‘Athoo` bin Yasaar beliau berkata, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa Salaam bersabda : “barangsiapa yang pada waktu petang berkata, aku aku ridho Allah sebagai tuhan, Islam sebagai agama, dan Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa Salaam sebagai Nabi, maka ia telah benar keimanannya”.

 

Muhammad bin Abdur Rokhman bin al-Khoir adalah ibnul Mujbir al-‘Umariy al-Bashriy, biografinya ditulis oleh Imam adz-Dzahabi dalam “Mizaan al-I’tidaal” (no. 7839), dan para ulama jarh wa ta’dil mendhoifkannya, bahkan Imam Nasa`i dan selainnya menilainya “matruk”. Al hasil selain kelemahan hadits ini karena mursal juga dengan sebab salah seorang perowi haditsnya dhoif.

 

Kemudian apakah jika digabungkan jalan-jalannya hadits dalam masalah dzikir pagi dan petang membaca “Rodhitu billahi robbaa…”, bisa naik derajatnya sehingga bisa dijadikan hujjah?,

-wallahu a’lam-, asy-Syaikh Thooriq ‘Aathif tetap secara overall menilainya sebagai hadits dhoif.

 

Oleh sebab itu, sisi dasar hukum dibacanya dzikir tersebut diikat membacanya pada waktu pagi dan petang, tidak valid alias lemah. Yang shahih dzikir tersebut dibaca seraca mutlak, tentu saja dibarengi dengan keyakinan akan kandungannya, karena ketiga point inilah yang akan menjadi ujian pertanyaan seorang hamba ketika meninggal dunia, sebagaimana telah tsabit beritanya. Wallahu a’lam.

 

 

 

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: