STATUS PARA GURU IMAM ATH-THABRANI

February 25, 2018 at 10:53 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

STATUS PARA GURU IMAM ATH-THABRANI

Salah satu kunci utama ketika terjun atau mempelajari ilmu takhrij hadits adalah harus punya informasi yang akurat terkait kondisi para perowo dalam sanad hadits yang sedang dibahas. Jika yang jadi bahan kajian adalah hadits-hadits yang terdapat dalam kutubus sittah yang sangat masyhur, maka informasi tentang para perowinya datanya sangat berlimpah, sebut saja misalnya kitab tahdzibul Kamaal karya Imam al-Mizzi dan Tahdzibut Tahdzib karya Al Hafidz Ibnu Hajar dan selainnya. Bahkan Al Hafidz sudah memanjakan tholabul ilmi untuk tidak usah pusing-pusing mentarjih kondisi rowi-rowi yang terjadi ikhtilaf peniaian dari Aimah Jarh wa Ta’dil kepadanya, karena beliau telah menyimpulkan hukum atas rowi-rowi tersebut dalam kitabnya Taqribut Tahdzhib. Hanya saja alangkah baiknya tholabul ilmi tidak pasrah bongkokan menerima hasil ijtihad beliau, jika ia sanggup mencari data primer terhadap perowi yang diperselisihkan tersebut. Dan Alhamdulillah beberapa ulama kontemporer telah meneliti ulang kajian Al Hafidz dalam At-Taqriib dan disana kita dapatkan kesimpulan yang berbeda dengan didasari fakta-fakta yang kuat. Pada beberapa waktu lalu saya pernah membahas sekilas tentang hal tersebut.

Kesulitan terjadi adalah ketika obyek kajian sanad hadits pada kitab-kitab hadits yang lahir setelah itu dan jalannya tunggal hanya di kitab itu saja tercantum atau di kitab yang sama-sama tingkatannya. Misalnya kajian pada hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani (W. 360 H) dalam kitab Mu’jamaatnya. Kesulitannya adalah ketika hendak memverivikasi para perowi yang tingkatannya sangat rendah, semisal guru-guru Imam Thabrani. Saya melihat al-‘Alamah Muhammad Nashiruddin al-albani, seorang ulama hadits kontemporer yang sangat luas penelitiannya dalam bidang takhrij hadits di beberapa tempat beliau stuck ketika membahas rowi dari tingkatan gurunya Imam Thabrani, beliau biasanya mengatakan, “aku belum menemukan biografinya”, atau kalimat yang semisal dengannya. Jika ternyata hadits tersebut hanya tunggal saja ia sebagai perowinya, maka tentu penilaian validitasnya akan dipending, menunggu informasi yang jelas siapa diri perowi tersebut.

Akan tetapi Alhamdulillah, ada salah seorang tholabul ilmi yang telah bersusah payah mengerahkan kemampuan dan keuletannya, sehingga akhirnya ia berhasil menemukan sebagian besar perowi-perowi yang merupakan gurunya Imam Thabrani, sehingga tentunya akan memudahkan bagi peneliti hadits untuk kembali menilai status haditsnya, terutama yang disebut dengan Zawaa`id Mu’jamaat Thabrani atas kutubus Sittah, yakni hadits-hadits yang diriwayatkan dalam kitab Mu’jamaat yang tidak tercantum dalam kutubus sittah.

Beliau yang saya maksud adalah Naayif bin Sholaah yang telah menulis sebuah kitab yang berjudul “Irsyaad al-Qoodhiy wa ad-Daaniy ilaa Tarojum Syuyuukh ath-Thabrani”. Kitab ini berisi pemaparan biografi dari guru-guru Imam Thabrani yang beliau cantumkan haditsnya dalam kitab Mu’jamaatnya. Asy-Syaikh Naayif mengumpulkan data-data primer seputar keterangan terhadap guru-guru Imam Thabrani tersebut, kemudian diakhir pembahasan masing-masing nama guru tersebut, asy-syaikh memberikan kesimpulan hukum statusnya, apakah ia seorang perowi tsiqoh, shoduuq, dhoif dan semisalnya. Tentu ini upaya yang patut disyukuri untuk memecah status-status hadits yang masih terpending, karena kurangnya data terhadap kondisi perowinya. Jazakallah khoir atas jasa asy-syaikh Naayif dalam khidmatnya terkait permasalahan ini.

Kitabnya dapat diunduh disini : http://waqfeya.com/book.php?bid=5995

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: