SABAB-MUSABAB

April 20, 2018 at 10:00 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

SABAB-MUSABAB

Al-‘Alamah Muhammad bin Shoolih al-Utsaimin dalam kitabnya “al-Qouli Mufiid ‘alaa Kitaab at-Tauhid” (I/103) menjelaskan bahwa kaum Muslimin dalam menyikapi sebab ada 3 kelompok, dua kelompok ekstrim dan satu kelompok adalah kelompok yang benar karena moderat :
1. Kelompok pertama adalah mereka yang mengingkari sebab yakni setiap orang yang menafikan hikmah Allah, seperti Jabariyyah dan Asya’irah;
2. Kelompok kedua ekstrim dalam menetapkan sebab, hingga sesuatu yang bukan sebab mereka tetapkan sebagai sebab, mereka adalah umumnya ahli khurofat dari kalangan sufiyyah;
3. Kelompok ketiga –kelompok yang benar- adalah mereka yang mengimani sebab dan pengaruhnya, namun mereka tidak menetapkan sebab kecuali yang telah Allah dan Rasul-Nya tetapkan sebagai sebab, baik sebab syar’i dan kauniy.

Kemudian asy-Syaikh menjelaskan apa yang dimaksud dengan sebab syar’i dan sebab kauniy. Sebab syar’iy misalnya madu untuk pengobatan sebagaimana Firman-Nya :
Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia (QS. An Nahl : 69).
Dan seperti membaca Al Qur’an didalamnya ada obat bagi manusia, seperti Firman-Nya Subhanahu wa Ta’alaa :
an Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS. Al Israa` : 82).

Adapun sebab kauniy atau istilah lain qodary adalah seperti percobaan ilmiah dan itu bermanfaat bagi orang yang sakit atau terluka, seperti pengobatan dengan kai yang bermanfaat langsung kepada manusia. Dan sebab qodariy ini catatannya adalah khasiatnya bisa dirasakan secara langsung, karena ada beberapa orang yang mengklaim bahwa itu adalah sebab qodary padahal tidak ada hubungannya secara langsung. Misal orang yang memakai gelang dengan keyakinan hal tersebut bermanfaat, maka pada hakekatnya bukan sebab qodariy.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: