CARA BERHUBUNGAN DENGAN PEMIMPIN SESUAI AL QUR’AN DAN SUNAH

May 1, 2018 at 12:39 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

CARA BERHUBUNGAN DENGAN PEMIMPIN SESUAI AL QUR’AN DAN SUNAH

Ini adalah inti dari bahasan buku yang ditulis oleh Doktor Abdus Salam bin Barjas ali Abdul Karim (w. 1425 H) rahimahullah. Beliau adalah murid dari ulama besar Saudi Arabia yang sudah tidak asing lagi namanya, yaitu al-‘Alamah Abdullah bin Abdul Aziz bin Baz dan al-‘Alamah Muhammad bin Shoolih al-utsaimin rahimahumaallah.

Buku beliau diatas yang berjudul “Muaamalat al-Hukaam fii Dho`i al-Kitaab wa as-sunnah” adalah buku yang tidak terlalu tebal yang bersumber dari nash-nash syara’ dan berita dari para ulama Salaf yang menjelaskan tentang sesuatu yang harus diketahui oleh setiap Muslim, yaitu tentang muamalah dengan pemerintah kaum Muslim kapan pun dan dimana pun juga.

asy-syaikh membuka kitabnya setelah tahmid dengan mengatakan :
“Sesungguhnya mendengar dan taat kepada pemerintah Muslim adalah salah satu pokok dari pokok akidah Salafiyyah. Kemudian beliau menyebutkan beberapa sikap para ulama Salaf terkait sikap mereka terhadap ushul (pokok) diatas.

Buku beliau terdiri dari 8 pasal pembahasan. Pasal pertama dimulai dengan 6 kaedah seputar Imamah; pasal kedua tentang kedudukan penguasa dalam syariat Islam; pasal ketiga tentang perintah untuk senantiasa komitmen dengan jamaah; pasal keempat tentang kewajiban mendengar dan taat kepada penguasa selama dalam perkara selain maksiat; pasal kelima anjuran mengingkari kemungkaran dan cara mengingkari kemungkaran penguasa; pasal keenam sabar dalam menghadapi kezhaliman penguasa; pasal ketujuh larangan mencela penguasa; sanksi bagi para pengacau dan provokator. Diakhir buku ini, asy-syaikh melampirkan surat nasehat mufti Arab Saudi pertama al-‘Alamah Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh rahimahullah kepada salah seorang dai yang bersikap keliru dalam menasehati penguasa.

Singkat kata buku ini sangat menarik dan memiliki faedah yang besar, karena penjelasannya tidak terlalu panjang, penuh dengan dalil-dalil dari Kitabullah dan hadits yang shahihah, ditambah praktek nyata dari para salaf dan ulama sunnah yang sudah terkenal atas komitmennya terhadap pokok daripada pokok-pokok akidah Ahlus Sunnah.
Bukunya dapat diunduh disini : http://badrweb.net/burjes_files/nbooks/0004.pdf

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: