KAMUS BID’AH KARYA IMAM AL-ALBANI

May 1, 2018 at 12:38 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

KAMUS BID’AH KARYA IMAM AL-ALBANI

Diantara keistimewaan karya-karya tulis Imam al-albani rahimahullah adalah selain menjelaskan kepada umat bagaimana petunjuk yang benar sesuai dengan hujjah-hujjah yang valid menurut beliau, tak lupa pula asy-syaikh al-albani memperingatkan umat dari amalan-amalan bid’ah yang tersebar di sebagian masyarakat.

Sebut saja misalnya kitab beliau “Ahkam al-Janaiz” disana beliau menjelaskan dengan rinci permasalahan seputar pengurusan jenazah lengkap dengan dalil-dalil dari Syariat kita ditambah keterangan para ulama seputar permasalahan yang dibahas. Kemudian beliau melengkapi diakhir pembahasan kitab tersebut beberapa amalan yang dianggap sebagai bid’ah-bid’ah seputar pengurusan jenazah.

Pun dalam kitab beliau yang lain yang berjudul “al-Ajwibah an-Naafi’ah ‘an As`ilah Lajnah Masjid al-Jaami’ah” yang membahas seputar hukum-hukum penyelenggaraan sholat Jum’at. Tak ketinggalan beliau diakhir kitab tersebut menyebutkan beberapa amalan yang dianggap bid’ah seputar penyelenggaraan sholat Jum’at.

Akan tetapi ketika saya membaca pengantar sebelum asy-syaikh menyebutkan point-point yang dianggap bid’ah, beliau sempat menyebutkan bahwa beliau memiliki sebuah tulisan yang berjudul “Qamus al-Bida'”, kata beliau :
وبعد أن فرغت من تلخيص الأحكام المتقدمة والتعليق عليها وتحقيقها تذكرت أن عندي مشروع تأليف كتاب باسم “قاموس البدع” فرأيت أن آخذ منه المادة المتعلقة ببدع الجمعة فأرتبها وأضمها إلى هذه الرسالة فتتم بها الفائدة
“Setelah aku menyelesaikan ringkasan berbagai hukum yang telah lalu dan komentar serta penelitian terhadapnya. Tiba-tiba aku teringat bahwa aku punya tulisan yang berjudul “Qaamuus al-Bida'”, sehingga aku memandang untuk mengambil materi yang terkait dengan bid’ahnya penyelenggaraan sholat Jum’at, lalu aku urutkan dan letakkan di kitab diatas, agar sempurna faedahnya”.

Dengan adanya penyebutan kitab “Qaamuus al-Bida'” diatas yang sedang beliau kerjakan pada waktu itu, menjadikan saya penasaran apakah kitab ini sudah dirilis atau bagaimana? Karena terus terang judul kitab diatas sangat asing bagi saya sebagai salah satu dari puluhan karya tulis beliau.

Sampai kemudian saya mendapatkan keterangan dari salah seorang murid beliau yang sudah tidak asing namanya yakni asy-syaikh Mayshur Hasan Salman hafizhahullah yang menginformasikan bahwa memang kitab diatas adalah salah satu karya tulis beliau yang belum sempat diselesaikan karena ajal keburu menjemput beliau.

Namun asy-syaikh Masyhur Hasan Salman dibantu oleh salah seorang rekannya telah berusaha mengumpulkan keterangan dari Imam Al-Albani seputar amalan-amalan bid’ah yang sudah tersebar di sebagian masyarakat dalam sebuah kitab khusus yang mereka berdua memberinya judul “Qaamuus al-Bida'” juga. Kitab ini merujuk kepada 119 tulisan Imam Al-Albani, sehingga setidaknya kehadiran kitab yang dipersembahkan oleh asy-syaikh Masyhur Hasan menjadi gambaran seandainya kitab “Qaamuus al-Bida'” karya Imam al-albani selesai dirilis.
Kitabnya dapat diunduh di : http://waqfeya.com/book.php?bid=2786

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: