TIDAK ADA HASAD SAMA SEKALI MENYEBABKAN MASUK SURGA

May 1, 2018 at 12:32 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

TIDAK ADA HASAD SAMA SEKALI MENYEBABKAN MASUK SURGA

Pada khutbah Jum’at kemarin, saya mendengar sang khatib membawakan sebuah kisah yang cukup masyhur yang intinya pada saat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya bermajelis, beliau mengatakan bahwa nanti akan muncul seorang yang merupakan calon penghuni surga. Lalu tak selang berapa lama muncullah seorang laki-laki dari Anshar.

Pada keesokan harinya pada saat Nabi shallallahu alaihi wa sallam bermajelis beliau pun melontarkan kata yang sama dan tak berapa lama munculah laki-laki yang sama. Pun kejadian keesokan harinya sama seperti diatas. Oleh sebab itu, hal ini menimbulkan rasa penasaran dari shohabi Jaliil Abdullah bin ‘amr bin al-Ash radhiyallahu anhuma tentang amal apa gerangan, sehingga si fulan tersebut sampai diisyaratkan 3 kali oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebagai calon penghuni surga.

Singkat kata Abdullah bin ‘amr radhiyallahu anhuma pura-pura ada masalah dengan bapaknya sehingga beliau minta izin menginap di rumah fulan tersebut. Tentu tujuan beliau ingin mengorek informasi yang tersembunyi terkait keutamaan si fulan tersebut yang secara umum kelihatannya biasa-biasa saja tidak ada yang terlalu istimewa dibandingkan para sahabat lainnya. Namun Ibnu ‘Amr tidak melihat ada amalan istimewa yang dilakukan oleh si fulan tersebut didalam rumahnya, sehingga penasarannya belum terobati, yang akhirnya beliau berterus terang kepada si fulan bahwa dirinya tadi hanya berpura-pura saja ingin menginap di rumahnya karena ingin tahu amalan apa yang menjadikan si fulan ini istimewa, sampai sebelum Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma berpamitan hendak pulang, akhirnya si fulan memberitahu beliau barangkali inilah amalan yang hendak engkau ketahui dan dijadikan teladan, kata si fulan :
غَيْرَ أَنِّي لَا أَجِدُ فِي نَفْسِي لِأَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ غِشًّا، وَلَا أَحْسُدُ أَحَدًا عَلَى خَيْرٍ أَعْطَاهُ اللهُ إِيَّاهُ
“Melainkan aku tidak ada dalam jiwaku kedengkian kepada seorang Muslim pun dan aku tidak memiliki rasa hasad atas kebaikan yang diberikan Allah kepada seorang Muslim pun”.

Hanya saja yang membuat saya murajaah kisah yang masyhur ini, karena sang khatib mengatakan bahwa kisah diatas diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim. Saya merasa ketika itu, kisah ini tidak pernah dicantumkan dalam Shahihain, dan benar saja setelah dicek di rumah, kisah diatas diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya (no. 12697) dan para ulama hadits lainnya diluar kutubut tis’ah.

Dhohirnya sanad ini sangat shahih karena Imam Ahmad meriwayatkan dari gurunya Imam Abdur Razaq dari Imam Ma’mar dari Imam az-Zuhriy dari shohabi Jaliil Anas bin Malik radhiyallahu. Oleh sebab itu, sebagian ulama pun menshahihkan haditsnya bahkan diklaim memenuhi persyaratan Bukhori dan Muslim. Namun diantara anugerah Allah yang diberikan kepada umat ini adalah ketelitian para ulamanya dalam menisbatkan sesuatu pada diri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Diantara mereka adalah ahli hadits yang tiada taranya pada zaman kontemporer ini, yakni Imam Muhammad Nashiruddin al-albani rahimahullah, beliau mendeteksi adanya cacat pada sanad ini, yakni dua orang perawi yaitu Syu’ab dan Uqoil meriwayatkan dari Imam az-Zuhriy bahwa ada satu perowi lagi yang mubham (tidak disebutkan namanya) antara dirinya dengan Anas bin Malik. Oleh sebab itu disinilah letak cacatnya hadits ini, sehingga asy-syaikh al-albani merevisi pendapatnya yang dulu menshahihkannya.

Cacat ini sebelumnya telah dideteksi oleh Imam Daruquthni, Imam Hamzah al-Kinaaniy, Imam Baihaqi, Imam al-Mizzi, Al Hafidz Ibnu Hajar dan selain mereka rahimahumullah. Berdasarkan hal ini kevalidan kisah ini perlu ditinjau ulang dan hukum pendhoifannya lebih mendekati kebenaran. Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: