INFILTRASI ILMU HADITS TERHADAP CABANG-CABANG ILMU AGAMA LAINNYA

May 10, 2018 at 11:01 pm | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

INFILTRASI ILMU HADITS TERHADAP CABANG-CABANG ILMU AGAMA LAINNYA

Al-Imam abu ‘Amr Utsman bin Abdir Rahman yang ma’ruf dengan sebutan Ibnu Sholaah (w. 643 H) rahimahullah, tatkala menyebutkan keutamaan ilmu hadits dalam kitab yang masyhur dengan nama “Mukadimah ibnu Sholaah”, diantara salah satu point keunggulannya, kata beliau :
وهو مِنْ أكثرِ العلومِ تولُّجاً في فنونها ، لا سيَّما الفقهُ
“Ilmu hadits adalah ilmu yang paling banyak masuk kedalam cabang-cabang ilmu lainnya, terlebih lagi ilmu fiqih”.

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah dalam “an-Nukatnya” memberikan penjelasan terkait pernyataan Imam Ibnu Sholaah diatas, kata beliau :
“Yang dimaksud masuk dalam funun ilmu diatas adalah tafsir, hadits dan Fiqih, karena ketiga ilmu ini sangat butuh kepada ilmu hadits.

Adapun hadits, maka sangat jelas. Kemudian untuk tafsir, yakni yang lebih utama dalam menafsirkan Firman Allah Ta’ala adalah dengan apa yang tsabit/shahih dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, maka seorang ahli tafsir butuh kepada mengetahui mana yang tsabit dari Nabi dan mana yang tidak.

Adapun Fiqih, maka kebutuhannya terhadap pendalilan dengan hadits yang tsabit, bukan dengan yang tidak tsabit dan konfirmasi untuk mengetahuinya, mau tidak mau butuh kepada ilmu ushul hadits” -selesai-.

Demikian kurang lebih terjemahan dari keterangan Al Hafidz Ibnu Hajar yang menggambarkan bagaimana infiltrasi ilmu ushul hadits terhadap cabang-cabang ilmu agama lainnya. Dan tentu kita bisa tambahkan disini adalah ilmu aqidah atau tauhid. Untuk membangun akidah yang kuat, tentunya butuh kepada sesuatu yang tsabit dari syariat kita baik dari Al Qur’an maupun al-hadits. Yang dijadikan landasan dalam masalah akidah, tentunya hadits-hadits yang shahih. Ketika seseorang membangun akidahnya diatas hadits yang lemah, maka dengan mudah diruntuhkan dan jadinya ia berpegang kepada akidah yang batil.
Wallahu a’lam bis-showaab.

Abu Said Neno Triyono®

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: