BETULKAH PARA ULAMA SEPAKAT BAHWA BERPUASA PADA HARI RAYA HARAM?

June 17, 2018 at 10:33 pm | Posted in FIQIH PUASA | Leave a comment

BETULKAH PARA ULAMA SEPAKAT BAHWA BERPUASA PADA HARI RAYA HARAM?

Banyak para ulama mengklaim bahwa puasa pada hari Raya yakni pasa hari Iedhul Fithri (1 Syawal) dan Iedhul Adha (10 Dzulhijjah) hukumnya adalah haram. Diantara mereka adalah al-hafidz Ibnu Hajar al-Asqolaniy dalam kitabnya “Fathul Bari” dan Imam Nawawi dalam kitabnya “Syarah Shahih Muslim” dan para ulama lainnya rahimahumullah ajma’in.

Namun sebagaimana dimaklumi mengingat pendapat fiqih sangat luas, maka biasanya klaim-klaim adanya ijma tertolak setelah ditelusuri lebih lanjut. Contoh yang kami angkat adalah dalam masalah ini. Bahkan klaim adanya ijma ini, cukup fatal terbukti akan kesalahannya, karena ternyata bukan hanya ada satu dua ulama yang menentangnya, tapi ini satu mazhab fiqih yang diakui sekarang sebagai mazhab yang eksisting. Padahal yang mengklaim adanya ijma tersebut adalah dua orang ulama yang diakui kepakarannya, bukan hanya dalam cabang ilmu fiqih tapi juga disiplin ilmu agama lainnya. Namun begitulah sifat bani Adam tidak ada yang sempurna.

Na’am, mazhab Fiqih Hanafi mementahkan klaim ijma ini, karena bagi mereka puasa pada hari Raya, maksimal hukumnya adalah makruh belaka.

Al-Imam Abu Bakar bin Mas’ud al-Kasaaniy (w. 587 H) rahimahullah dalam kitabnya “Badaa`i’u ash-Shonaa`i’i” (II/558-562, cet. DKI) menukil pandangan mazhabnya yaitu Hanafiyyah tentang puasa pada hari Raya, kata beliau :
أَمَّا الصِّيَامُ فِي الْأَيَّامِ الْمَكْرُوهَةِ فَمِنْهَا: صَوْمُ يَوْمَيْ الْعِيدِ، وَأَيَّامِ التَّشْرِيقِ.

“Adapun puasa pada hari-hari yang dimakruhkan adalah puasa pada dua hari Raya dan hari-hari tasyrik (11, 12, & 13 Dzulhijjah)” -selesai-.

Hal ini karena menurut hanafiyyah bahwa seluruh hari dalam satu tahun boleh dilakukan puasa tathowu’, selain pada bulan Ramadhan. Kemudian Al-Imam al-Kasaaniy rahimahullah dalam menjawab hadits -hadits larangan berpuasa pada hari Raya dan tasyrik, beliau mengatakan :
وَالْجَوَابُ أَنَّ مَا ذَكَرْنَا مِنْ النُّصُوصِ، وَالْمَعْقُولِ يَقْتَضِي جَوَازَ الصَّوْمِ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ، فَيُحْمَلُ النَّهْيُ عَلَى الْكَرَاهَةِ، وَيُحْمَلُ التَّعْيِينُ عَلَى النَّدْبِ، وَالِاسْتِحْبَابِ، تَوْفِيقًا بَيْنَ الدَّلَائِلِ بِقَدْرِ الْإِمْكَانِ، وَعِنْدَنَا يُكْرَهُ الصَّوْمُ فِي هَذِهِ الْأَيَّامِ، وَالْمُسْتَحَبُّ هُوَ الْإِفْطَارُ.

“Jawabannya adalah apa yang kami sebutkan dari nash-nash dan logika membolehkan puasa pada hari-hari ini, dan dibawa larangan tersebut kepada makruh dan dibawa dalil yang menentukan anjuran berpuasa kepada sunah, dalam rangka mengkompromikan dalil-dalil jika memungkinkan. Maka menurut kami (Hanafiyyah) dimakruhkan puasa pada dua hari Raya dan Tasyrik dan dianjurkan untuk berbuka pada hari tersebut” -selesai-.

Demikian pendapat Hanafiyyah sebagaimana dinukil oleh Imam al-Kasaaniy, sekalipun kami lebih condong kepada pendapat mayoritas ulama diharamkannya puasa pada dua hari Raya, karena dalilnya sangat jelas menunjukkan adanya larangan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk berpuasa pada hari tersebut. Diantaranya adalah hadits ‘Umar bin Al Khottob –radhiyallahu ‘anhu-, dimana beliau mengatakan :
ﻫَﺬَﺍﻥِ ﻳَﻮْﻣَﺎﻥِ ﻧَﻬَﻰ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ – ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ – ﻋَﻦْ ﺻِﻴَﺎﻣِﻬِﻤَﺎ ﻳَﻮْﻡُ ﻓِﻄْﺮِﻛُﻢْ ﻣِﻦْ ﺻِﻴَﺎﻣِﻜُﻢْ ، ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡُ ﺍﻵﺧَﺮُ ﺗَﺄْﻛُﻠُﻮﻥَ ﻓِﻴﻪِ ﻣِﻦْ ﻧُﺴُﻜِﻜُﻢْ
“ Dua hari ini adalah hari yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam larang untuk berpuasa di dalamnya yaitu Idul Fithri, hari di mana kalian berbuka dari puasa kalian. Begitu pula beliau melarang berpuasa pada hari lainnya, yaitu Idul Adha di mana kalian memakan hasil sesembelihan kalian .” (HR. Bukhari no. 1990 dan Muslim no. 1137).

Wallahu a’lam.

Abu Sa’id Neno Triyono

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: