ULAMA KIBAR : ASY-SYAIKH ABDULLAH BIN MUHAMMAD AL HUNAIN

February 12, 2015 at 12:02 am | Posted in Siroh | Leave a comment

BIOGRAFI RINGKAS FADHILATUS SYAIKH ABDULLAH BIN MUHAMMAD AL HUNAIN

 

Salah satu anggota Hai’ah kibarul Ulama sekarang ini, yang akan kami kupas biografinya adalah Fadhilatus Syaikh Abdullah bin Muhammad al-Hunain.

 

Kelahiran beliau :

Nama lengkap beliau Abdullah bin Muhammad bin Sa’ad alu Hunain. Pada tahun 1376 H, beliau dilahirkan di sebuah daerah yang bernama Nu’jaan di pinggiran kota Riyadh, berjarak kurang lebih 6 Km dari pusat kota.

 

Riwayat belajar beliau :

Pendidikan dasar beliau ditempuh di kampungnya, kemudian untuk jenjang pendidikan menengahnya, yakni setingkat SLTP dan SMU, beliau tempuh di luar kota yaitu di Dalm. Setelah lulus SMU, dilanjutkan kuliah di Universitas Ibnu Sa’ud di Riyadh, mengambil jurusan syari’ah dan berhasil lulus disana pada tahun 1398 H dan berhak menyandang gelar LC.

Aktivitas pekerjaan beliau :

Selepas diwisuda, beliau langsung bekerja di pengadilan umum dan menjadi hakim di pengadilan umum Riyadh sampai tahun 1401 H. Lalu asy-Syaikh dimutasi menjadi hakim untuk Bani Tamiim semenjak tahun 1401 H sampai 1405 H. Kemudian beliau kembali bertugas di kota Riyadh dari tahun 1405 H sampai tahun 1424 H. Lalu beliau dipromosikan untuk menjadi hakim di pengadilan Tamyiiz dari 1424 H sampai tahun 1426 H.

Pada bulan ketiga tahun 1426 H, beliau ditunjuk sebagai anggota lajnah Daimah sekaligus juga sebagai anggota Haiah Kibaaril Ulama oleh raja pada waktu itu. Syaikh kita ini juga aktif menjadi kontributor majalah fiqih dan terkait pengadilan syariah yang disponsori oleh kementerian kehakiman Saudi Arabia. Disamping itu juga, beliau sering menjadi dosen penguji bagi mahasiswa pasca sarjana yang sedang menyelesaikan risalah magister dan tesis doktornya.

Asy-Syaikh juga aktif dalam beberapa lembaga dakwah dan sering mengisi muhadoroh dengan mengangkat tema seputar pengadilan Islam, ilmu Fiqih dan Ushul Fiqihnya. Beberapa masjid di kota-kota besar Saudi Arabia, pernah beliau isi dengan acara muhadoroh tersebut.

 

Karya Tulis beliau :

Syaikh kita ini sudah menelurkan beberapa karya ilmiyyah yang sudah dibukukan sebagai berikut :

  • Tasbiib al-Ahkaamil Qodhoiyyah fii Syariatil Islamiyyah
  • Al-Madkhol ilaa Fiqhil Muroofa’aat
  • Al-Muhaqiq al-Jina’iy
  • Fatawa
  • dll

Referensi :

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.