ORANG-ORANG YANG SHOLIH-LAH SEBAGAI AHLI WARIS BUMI INI

May 27, 2018 at 9:41 am | Posted in Tulisan Lainnya | Leave a comment

ORANG-ORANG YANG SHOLIH-LAH SEBAGAI AHLI WARIS BUMI INI

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:
وَلَـقَدْ كَتَبْنَا فِى الزَّبُوْرِ مِنْۢ بَعْدِ الذِّكْرِ اَنَّ الْاَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصّٰلِحُوْنَ
“Dan sungguh, telah Kami tulis di dalam Zabur setelah (tertulis) di dalam Az-Zikr (Lauh Mahfuz), bahwa bumi ini akan diwarisi oleh hamba-hamba-Ku yang saleh.” (QS. Al-Anbiya 21: Ayat 105)
* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang bumi yang dimaksud dalam ayat ini, apakah bumi yang kita pijak ini?

Al-Imam ath-thabari dalam kitab Tafsirnya meriwayatkan pendapat dari Shohabi Jalil Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhu, Imam Sa’id bin Jubair, Abul ‘Aliyah, Mujahid, al-A’masy, Ibnu Zaid dan selainnya rahimahumullah bahwa yang dimaksud dengan bumi diatas adalah surga nanti di akhirat.

Sementara itu Shohabi Ibnu Abbas dalam riwayat lain mengatakan bahwa bumi itu adalah dunia ini, yakni daerah-daerah yang dikuasai oleh orang kafir kelak akan diwariskan kepada umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Sedangkan pendapat ketiga mengatakan itu adalah tanah suci Palestina, sebagaimana dikatakan oleh ibnu as-Saa’ib.

Imam Ibnu Katsir merajihkan pendapat pertama bahwa yang dimaksud adalah tanah surga, sebagaimana Firman-Nya juga :
وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ صَدَقَنَا وَعْدَهٗ وَاَوْرَثَنَا الْاَرْضَ نَتَبَوَّاُ مِنَ الْجَـنَّةِ حَيْثُ نَشَآءُ ۚ فَنِعْمَ اَجْرُ الْعٰمِلِيْنَ
“Dan mereka berkata, Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki. Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.” (QS. Az-Zumar 39: Ayat 74)
* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Asy-Syaikh Nawawi al-Bantani rahimahullah dalam kitab tafsirnya “Marooh Labiid” merajihkan pendapat kedua, bahwa itu adalah tanah yang dikuasai oleh kufar, kemudian ditaklukkan oleh kaum Muslimin sebagai ketetapan dari Allah untuk memenangkan agamanya dan memulikan kaum muslimin.

Al-‘Alamah as-sa’di rahimahullah dalam tafsirnya Juga sependapat dengan pendapat yang kedua dan ini didukung oleh Firman Allah :
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَـيَسْتَخْلِفَـنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَـيُبَدِّلَــنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًا ۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـئًــا ۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu pun. Tetapi barang siapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. An-Nur 24: Ayat 55)
* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Pesan pentingnya adalah marilah kita menjadi orang sholih dan mendidik orang sekitar kita menjadi orang sholih, sehingga bangkitlah keshalihan berjamaah, sehingga kita semua layak menjadi ahli waris baik di negeri yang kita pijak ini atau nanti di akhirat kelak. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Abu Sa’id Neno Triyono

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.